Contact Us

5 Jenis Kegiatan Team Building untuk Perusahaan, Opsi Terbaik Tingkatkan Kinerja Karyawan

team building lembang bandung
Kegiatan Team Building MarketPlay yang didukung Pegadaian di Radiant Hotel Lembang Bandung

Menjalankan bisnis bersama tim atau karyawan tentu sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang. Itulah mengapa aktivitas team building yang menyenangkan menjadi kunci dalam membantu karyawan Anda berkolaborasi dengan efektif.

Meskipun kadang sulit diterapkan, aktivitas team building yang dipikirkan dengan matang dapat membantu menghilangkan hambatan di antara karyawan, menciptakan lingkungan yang aman dan menyenangkan, serta mendorong produktivitas untuk meningkatkan hasil bisnis Anda.

Ada banyak aktivitas team building yang dapat Anda terapkan di tempat kerja Anda. Teruslah membaca untuk mengetahui mengapa aktivitas team building penting dan temukan berbagai aktivitas untuk semua jenis dan ukuran bisnis.

Apa Itu Aktivitas Team Building?

Aktivitas team building adalah permainan, pertemuan, acara, atau kegiatan lain yang dirancang untuk memotivasi anggota kelompok untuk saling mengenal dan terkoneksi satu sama lain. Bisnis sering menggunakan aktivitas team building sebagai cara untuk membangun kepercayaan, hubungan, dan komunikasi di antara karyawan.

Mengapa Aktivitas Team Building Penting?

Walaupun terlihat seperti permainan, aktivitas team building dirancang dengan hati-hati untuk mendorong orang bekerja sebagai tim di tempat kerja. Hubungan antara team building dan kinerja karyawan terbukti memiliki dampak baiknya di lingkungan tempat kerja, di mana interaksi sosial berkontribusi lebih dari 10% dalam meningkatkan kepuasan karyawan serta perubahan positif dalam komunikasi dan kinerja.

Manfaat potensial dari aktivitas team building meliputi:

  • Komunikasi: Sebagian besar aktivitas team building memerlukan komunikasi yang cermat untuk memenangkan permainan atau memecahkan masalah. Karyawan Anda dapat menyempurnakan dan membawa keterampilan komunikasi ini ke dalam hubungan profesional mereka.
  • Motivasi: Partisipasi dalam aktivitas team building memberikan kesempatan kepada karyawan Anda untuk mencoba sesuatu yang baru dan menyegarkan motivasi mereka untuk bekerja.
  • Pemecahan Masalah: Ketika karyawan Anda memiliki peluang dengan tekanan rendah untuk memecahkan masalah sebagai tim, mereka dapat mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, kreativitas, dan inovasi untuk tantangan dan tugas masa depan.
  • Kepercayaan: Semua orang, dari manajemen atas hingga tingkat pemula, memiliki kesempatan untuk bekerja sama, membangun kepercayaan di seluruh departemen dan tingkatan manajemen.
  • Koneksi: Dengan membawa tim dari berbagai area bisnis Anda bersama-sama dalam aktivitas team building, Anda dapat menjembatani kesenjangan antar departemen dan membantu tim memahami kebutuhan dan tujuan masing-masing.
  • Budaya Tempat Kerja: Mengembangkan hubungan profesional dan membina dinamika tim yang sehat, komunikasi, dan kepemimpinan dapat membantu mempromosikan budaya tempat kerja di mana karyawan merasa diakui, dihargai, dan aman.

Jenis-jenis Aktivitas Team Building

Aktivitas team building dapat berupa berbagai bentuk tergantung pada tujuan Anda. Beberapa acara dirancang untuk mengembangkan hubungan profesional, sementara yang lain mendorong pembelajaran dan pertumbuhan.

Berikut adalah lima jenis aktivitas team building yang dapat Anda terapkan untuk karyawan, meningkatkan budaya tempat kerja, dan aspek penting lainnya dari bisnis Anda.

Namun sekedar catatan, daftar kegiatan team building di bawah ini hanya berupa ringkasan dan untuk mendapatkan info selengkapnya tentang kegiatan team building yang tepat untuk perusahaan Anda, silakan kontak langsung Bellva Adventure.

1. Kickoff Meeting

Motivasi karyawan Anda untuk menikmati pertemuan dan berbagi ide dengan memulainya melalui permainan atau ice breaker singkat.

  • Dua Kebenaran dan Satu Kebohongan: Minta setiap anggota grup untuk berbagi dua fakta dan satu kebohongan tentang diri mereka. Biarkan grup menebak mana yang salah.
  • Pesta Makan Malam: Minta setiap karyawan Anda untuk berbagi satu tokoh terkenal yang paling ingin mereka ajak makan malam dan mengapa.
  • Achievement Sharing: Minta setiap anggota grup untuk berbagi pencapaian pribadi dengan grup.
  • No Smiling: Sebelum memulai pertemuan, beri tahu peserta bahwa mereka tidak boleh tertawa atau tersenyum. Lihat berapa lama waktu yang dibutuhkan sebelum seseorang melanggar aturan.

2. Komunikasi

Komunikasi yang baik dan penuh perhatian sangat penting bagi karyawan yang bekerja bersama. Aktivitas berikut membantu mengembangkan keterampilan team building dan komunikasi:

  • Scavenger Hunt: Bagi grup besar Anda menjadi tim-tim kecil dan berikan daftar objek untuk ditemukan. Tim pertama yang menemukannya semua menang.
  • Active Listener: Selama pertemuan biasa, tambahkan kata-kata atau frasa acak yang tidak terkait ke dalam presentasi Anda. Lihat siapa yang paling banyak memperhatikannya di akhir pertemuan.
  • Perfect Square: Berikan grup kecil dengan penutup mata dan tali besar. Minta mereka untuk membuat kotak sempurna tanpa melepas penutup mata. Tim pertama yang melakukannya menang.
  • Office Trivia: Mainkan trivia menggunakan informasi tentang perusahaan dan karyawan sebagai pertanyaan. Permainan trivia semacam kuis yang pertanyaannya bisa memakai informasi seputar perusahaan.
  • Building Blocks: Sediakan pasangan dengan satu set kartu, masing-masing dengan pertanyaan berbeda tertulis di atasnya. Minta karyawan untuk bergiliran bertanya dan menjawab pertanyaan.
  • Circle of Appreciation: Tempatkan grup Anda dalam lingkaran besar. Minta setiap orang berbagi satu hal yang mereka hargai tentang orang di sebelah kiri mereka.

3. Pemecahan Masalah

Gunakan aktivitas team building berikut untuk membantu karyawan Anda membangun hubungan dan memecahkan masalah bersama.

  • Barter Puzzle: Berikan grup kecil dengan teka-teki gambar, tetapi hilangkan beberapa bagian dan berikan kepada tim lain. Minta karyawan Anda untuk menemukan cara untuk barter dan berdagang untuk mendapatkan bagian teka-teki yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan teka-teki mereka.
  • Board Games: Berikan kelompok kecil karyawan dengan permainan papan untuk dimainkan. Mereka harus menggunakan keterampilan pemecahan masalah dan komunikasi untuk menyelesaikan permainan.
  • Business Simulations: Bagilah grup besar Anda menjadi tim-tim dan tugaskan mereka skenario yang sama, misalnya masalah bisnis, sumber daya, dan tenggat waktu. Bandingkan solusi setelah tenggat waktu berakhir.
  • Office Debates: Izinkan karyawan sukarela untuk memperdebatkan suatu isu, dan minta tim lainnya memberikan pertanyaan dan menjadi juri. Jaga topik tetap ringan dan menyenangkan, seperti apakah nanas bisa ada di pizza atau jenis makaroni dan keju kotak terbaik.

4. Pemikiran Kreatif

Mendorong karyawan Anda untuk menemukan solusi kreatif untuk masalah dapat mendorong inovasi dan output di seluruh tim. Aktivitas team building berikut mendorong pemikiran kreatif.

  • Office Jeopardy: Buat versi kantor dari acara “Jeopardy!” untuk karyawan Anda. Mintalah beberapa anggota tim membuat pertanyaan, yang lain menjadi kontestan, dan satu menjadi tuan rumah.
  • What’s My Name?: Berikan setiap karyawan kartu catatan dengan nama orang terkenal di atasnya. Minta karyawan berjalan-jalan dan saling bertanya untuk mencoba menebak siapa mereka.
  • Design Battle: Sediakan kelompok kecil karyawan dengan produk atau layanan dan minta mereka membuat poster untuk produk tersebut.
  • Idea Day: Minta karyawan Anda untuk memberikan ide kreatif untuk memperbarui proses dan prosedur, produk dan layanan baru, atau ide bisnis lainnya.
  • Pictionary: Bagi karyawan Anda menjadi tim. Berikan mereka objek secara acak, seperti benda atau lainnya, lalu minta mereka menggambarnya untuk tim mereka. Tim dengan tebakan paling benar menang.
  • Feedback: Minta anggota tim Anda memberikan umpan balik pada skenario tertentu atau perubahan potensial di perusahaan.

5. Bonding Karyawan

Hubungan profesional yang otentik membantu karyawan merasa puas dan aman di tempat kerja serta mendorong mereka mencari dukungan dari rekan dan kepemimpinan. Promosikan hubungan dengan aktivitas team building berikut.

  • Community Service: Ajak karyawan Anda melakukan pelayanan masyarakat bersama. Minta masukan karyawan saat memilih tujuan.
  • Potluck: Adakan makan siang secara rutin untuk mengumpulkan karyawan untuk makan bersama.
  • Cultural Education: Untuk mempromosikan keberagaman dan inklusi dalam lingkungan sosial, adakan acara yang didedikasikan untuk merayakan dan mendidik karyawan tentang hari libur atau acara budaya penting, seperti Diwali, Hari Orang Mati, atau Kwanzaa.
  • Team Lunch: Ajak tim Anda makan siang setiap beberapa bulan untuk suasana yang berbeda.
  • Coffee Break: Luangkan waktu dari hari kerja untuk mengajak tim Anda minum kopi. Untuk tim jarak jauh, berikan kartu hadiah kepada kafe lokal pilihan mereka dan minta mereka membawa pesanannya ke pertemuan virtual.

FAQ tentang Aktivitas Team Building yang Menyenangkan

Bagaimana Anda menghadirikan inklusivitas dalam aktivitas team building Anda?

Aktivitas team building sangat baik untuk mendorong koneksi dan kolaborasi di antara karyawan Anda, tetapi bisa menjadi kontraproduktif jika mereka mengecualikan anggota tim. Untuk memastikan bahwa aktivitas team building Anda dapat diakses dan inklusif untuk semua orang, coba strategi berikut:

  • Hindari mengadakan aktivitas yang mengandalkan kemampuan fisik untuk berpartisipasi.
  • Jika aktivitas Anda melibatkan partisipasi fisik, seperti olahraga, pastikan ada opsi yang dapat diakses untuk semua anggota tim.
  • Sadari batasan dan kebijakan keselamatan tempat kerja karyawan Anda. Beberapa permainan, seperti yang melibatkan pelanggaran ruang pribadi karyawan, mungkin tidak sesuai.
  • Pastikan aktivitas team building Anda mencerminkan nilai-nilai dan identitas setiap anggota tim, seperti merayakan hari libur dari berbagai budaya atau agama.

Apa hambatan utama untuk kerja tim yang efektif?

Aktivitas team building selalu penting, tetapi bisa sangat relevan jika tempat kerja Anda menghadapi tantangan berikut:

  • Kegagalan komunikasi
  • Masalah kepemimpinan
  • Resolusi konflik yang tidak efektif
  • Kurangnya kepercayaan

Leave a Comment

Search
We Are in social
Terkini
bellva tv
error: Sorry, you can\\\\\\\\\\\\\\\'t do this...