Team Building: Pengertian, Jenis Permainan & Paket Terlaris

Team building adalah cara untuk meningkatkan kekompakan dan kerja sama di antara orang-orang yang ada di dalam naungan sebuah komunitas, organisasi, institusi, instansi ataupun perusahaan.

Dengan kerja sama atau kekompakan yang bagus, maka kinerja di dalam sebuah organisasi juga semakin efektif dan efisien. Itulah kenapa team building penting bagi sebuah perusahaan, instansi, organisasi maupun komunitas.

BACA JUGA: Team Building Bandung

Kegiatan team building sejatinya bermanfaat untuk berbagai kalangan yang ada di dalam sebuah kelompok. Team building berguna untuk anak-anak sekolah, karyawan perusahaan, anggota organisasi, pegawai sebuah instansi pemerintahan, atau sejenisnya.

Pengertian: Apa itu Team Building?

Team building adalah pondasi dalam mengembangkan sebuah organisasi atau suatu kelompok. Misalnya, dengan berkegiatan team building, hubungan di antara karyawan perusahaan akan menjadi lebih akrab karena diasah untuk melewati serangkaian kegiatan yang penuh tantangan.

Tantangan dalam kegiatan team building yang dimaksud, menuntut adanya kerja sama, kekompakan, kesolidan di antara peserta agar dapat terselesaikan. Para peserta kegiatan team building dilatih untuk bersikap solid dan berpikir dengan lebih efisien dan efektif dalam menyelesaikan masalah.

Tak heran, perusahaan saat ini banyak memasukkan kegiatan team building sebagai benefit saat membuka lowongan kerja. Sebab, team building tidak hanya berguna sebagai sarana mengasah kerja sama, tetapi juga sebagai kegiatan liburan bagi para karyawan.

Ketika karyawan atau pegawai itu solid misalnya dalam hal berkomunikasi dan berkoordinasi, ditambah kerja sama mereka dalam menyelesaikan masalah semakin kuat, tentu memberi keuntungan bagi perusahaan. Dengan demikian, perusahaan telah meminimalisasi berbagai risiko yang berpotensi terjadi.

Alhasil, perusahaan menjadi lebih berkembang dan maju sehingga target-target pun tercapai. Hasil memuaskan seperti ini tidak hanya bagi perusahaan, tetapi juga bagi berbagai kalangan, seperti anak-anak sekolah, komunitas, institusi pemerintah, BUMN, organisasi atau lembaga mana pun selama punya keinginan berkembang dan maju.

Dari situlah, dapat diketahui, team building berperan penting dalam mengatasi persoalan interpersonal atau hubungan antarpersonal di antara para karyawan atau pegawai atau orang-orang di dalam sebuah organisasi atau kelompok.

Tujuan Team Building

Perlu diketahui, team building terbagi ke dalam beberapa tujuan yang perlu dipahami oleh orang-orang sebelum melaksanakan kegiatan team building. Berikut ini paparan tentang Tujuan Team Building:

1. Menguatkan Kerja Sama

Tujuan team building yang perlu Anda pahami ialah untuk menanamkan kerja sama, kekompakan, dan solidaritas yang baik di antara para peserta kegiatan.

Dalam konteks perusahaan, ketika karyawannya diikutsertakan dalam team building, maka visi misi perusahaan bisa tercapai dengan maksimal karena dilandasi kerja sama dan soliditas karyawan.

Kerja sama yang terbangun dengan baik dan kuat, akan memunculkan semangat untuk senantiasa bertanggungjawab dalam bekerja. Segala amanat dan tugas yang diemban seorang karyawan, misalnya, akan diselesakan dengan penuh rasa tanggungjawab.

2. Meminimalisasi Turnover Karyawan

Sebuah perusahaan tentu tidak ingin tingkat turnover karyawannya tinggi. Untuk itu, team building menjadi salah satu cara untuk meminimalisasi risiko turnover karyawan yang tinggi. Karena, dengan team building, karyawan mendapatkan sebuah kegiatan refreshing dan liburan yang menyenangkan.

Hal itu karena tempat kegiatan team building biasanya tidak lepas dari destinasi wisata yang memiliki panoralam alam yang indah dan manawan serta udara yang sejuk dan menyegarkan.

Di sinilah alasan mengapa Bandung dan Lembang selalu menjadi pilihan lokasi kegiatan team building bagi perusahaan yang berasal dari kota-kota besar.

3. Menguatkan Komunikasi

Tujuan lain dari team building adalah untuk menguatkan komunikasi. Tidak bisa dipungkiri, komunikasi sangat penting dalam hal apapun termasuk dalam pekerjaan. Jika komunikasi antarkaryawan rusak maka berpotensi besar merusak kinerja perusahaan.

Untuk melatih penguatan komunikasi di antara para karyawan atau pegawai, team building adalah solusi yang tepat untuk melatih kerja sama dan menumbuhkan kesolidan di antara mereka.

4. Meredam Ego

Siapapun dari kita tentu memiliki ego dan terkadang ego ini susah dibendung dan dikendalikan. Ego yang susah diredam atau dikendalikan tentu bisa berdampak buruk bagi kinerja perusahaan.

Bayangkan, Anda sebagai pemilik perusahaan atau pemimpin tentu tidak ingin karyawan Anda saling berkonflik hanya karena merasa dirinya paling benar.

Berbagai bentuk kegiatan dalam team building bisa memecah suasana demikian. Ada banyak kegiatan team building yang berguna untuk meningkatkan atau membangun kembali semangat kerja sama dan sikap saling pengertian di antara karyawan.

Bentuk Kegiatan Team Building

Kegiatan team building terbagi ke dalam beberapa macam. Setiap jenisnya mempunyai peranan dan muatan nilai yang berbeda, tergantung pada apa yang Anda atau perusahaan butuhkan. Berikut ini penjelasan mengenai jenis-jenis kegiatan team building.

1. Personality-based

Jenis team building pertama adalah personality-based. Kegiatan ini memiliki tujuan yaitu agar seluruh peserta dapat saling mengenal antara satu dengan yang lainnya. Dalam kegiatan ini peserta nantinya diharuskan untuk memperkenalkan dirinya kepada yang lain.

Dengan saling mengenal ini, seorang karyawan akan bisa memahami dan mengerti karakter atau kepribadian karyawan lain. Keterpahaman inilah yang menjadi dasar untuk membangun kerja sama yang baik di antara mereka.

2. Activity-based

Kegiatan team building selanjutnya adalah activity-based dalam bentuk kegiatan fisik di alam terbuka. Nantinya seluruh peserta akan dibagi ke dalam beberapa kelompok dan mereka akan diberikan sebuah tantangan untuk kemudian diselesaikan.

Tujuan diberikannya tantangan ini untuk membangun kerja sama di antara mereka dengan harapan bermanfaat bagi pertumbuhan kinerja perusahaan.

3. Skill-based

Bentuk kegiatan team building yaitu berupa skill-based. Bentuk kegiatan ini mirip seperti nomor dua (activity based), tetapi perbedaannya terletak pada tujuan kegiatan. Tujan dari skill based adalah untuk membangun kemampuan atau skill pada setiap individu dan kelompok.

Dalam kegiatan team building skill-based ini, peserta secara berkelompok akan diminta untuk memecahkan permasalahan dan mengatasi konflik yang terjadi. Team building jenis skill-based adalah untuk memperkuat kerja sama dan efektivitas serta efisiensi dalam bekerja.

4. Problem solving-based

Bentuk team building berikutnya bernama problem-based. Artinya, kegiatan team building didasarkan pada penyelesaian masalah. Karena itu, bentuk kegiatan team building jenis ini difokuskan agar setiap peserta memiliki kemampuan dalam menyelesaikan masalah.

Nantinya, dalam kegiatan tersebut, peserta akan diberi suatu permasalahan yang punya kesamaan dengan masalah yang biasanya terjadi atau pernah dialami. Tim yang terdiri dari peserta diminta untuk mencari tahu apa sumber masalahnya dan dari sumber masalah ini diminta untuk segera mengatasinya.

Secara khusus, team building berupa problem-based ini sering bahkan rutin dilaksanakan oleh kalangan perusahaan.

Contoh Permainan Games Team Building

Team Building di Ciater Subang

Sebelumnya kita telah membahas mengenai gambaran umum apa saja karakter kegiatan team building. Setidaknya, seperti yang telah dijelaskan, ada empat jenis karakter kegiatan team building. Nah, sekarang ini kita akan bahas secara lebih konkret tentang permainan games team building.

Berikut ini penjelasan soal contoh-contoh permainan games team building:

1. Permainan Games Team Building di Indoor

TeamBuiliding Lembang
                                                                                   OUTBOUND TEAM BUILDING

Kegiatan team building bisa dilakukan di dalam ruang atau indoor. Sebetulnya ini yang jarang diketahui banyak orang, karena mayoritas menganggap team building hanya bisa digelar di alam terbuka atau outdoor.

Ada beberapa kegiatan team building yang diselenggarakan di indoor. Salah satunya adalah games yang disebut “Escape Room”. Dalam permainan ini, peserta dibuat seolah-olah mereka dikunci dalam ruangan, dan mereka bisa keluar dari ruangan tersebut jika mampu mengatasi masalah atau teka-teki yang kami berikan.

Contoh permainan games team building indoor, adalah sebagai berikut:

  • Membuat yel-yel
  • Egg drop
  • Tebak kata
  • Blind drawing
  • Werewolves
  • The Perfect Square

2. Permainan Games Team Building di Outdoor

Permainan games team building tentu bisa dilakukan di luar ruang, alam terbuka ataupun outdoor. Kegiatan team building di alam terbuka terbilang banyak dan Anda bisa memilih mana yang paling seru, edukatif dan mengasyikkan.

Di antara contoh termudah dari kegiatan team building di alam terbuka adalah rafting atau arung jeram. Kegiatan rafting memang memiliki tantangan tersendiri dan kunci dalam kegiatan ini adalah kerja sama di antara peserta yang ada di atas perahu karet. Jika tidak kompak, setiap perahu karet tersebut pun bisa terbalik.

Contoh permainan games team building outdoor, adalah sebagai berikut:

  • Rafting
  • Paintball
  • Tarik tambang
  • The Minefield
  • Survival Day
  • Cornhole Tournament

Paket Team Building Fun Games

gathering bandung
Kegiatan di Grafika Cikole Lembang

Paket team building fun games hanya salah satu dari berbagai paket yang kami miliki. Namun paket team building dari Bellva Adventure ini adalah paket terlaris yang banyak dipilih oleh para klien kami.

Paket team building Bandung dari Bellva memiliki keunggulan yaitu dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda baik perusahaan, organisasi, ataupun institusi. Artinya, paket berikut ini bukanlah paket baku dari kami. Berbagai kegiatan yang Anda perlukan bisa dipadukan agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut ini Paket Team Building Fun Games:

  • Tiket/blocking area outbound
  • Fun Team Building Program:
  • Ice Breaking Games – Trust Building – Energizy Games – Team Building Games – Synergized Games – Peralatan pendukung permainan –
  • Outbound
  • Angklung Arumba Cikole
  • Free Personal Challange: Flying Fox – Jembatan Dua atau Jembatan Gantung (elvis bridge) –
  • Air minum saat kegiatan berlangsung
  • Master Games
  • Tenaga pendamping konsep butler
  • 1x lunch prasmanan
  • 1x snack box
  • Sound system pendukung kegiatan
  • Free banner photo session
  • Softcopy photo

Paket Team Building Bandung Lembang Cikole

Paket team building Bandung Lembang Cikole. Paket ini termasuk yang paling laris diincar oleh berbagai kalangan. Mulai dari kalangan perusahaan, BUMN, institusi, instansi pemerintahan, organisasi, komunitas hingga keluarga.

BACA JUGA: Paket Team Building Fun Games di Bandung

Bahkan, tak sedikit orang yang mencari tahu tentang harga paket team building, team building Lembang, dan harga paket capacity building. Namun, sejatinya semua hal yang Anda cari ada dalam paket team building kami paparkan di artikel ini.

Paket team building Bandung Lembang Cikole merupakan paket yang sifat dan tujuannya untuk membangun kerja sama dan kekompakan sebuah tim. Tim di sini bermakna luas. Bisa untuk tim di sebuah perusahaan, dinas-dinas pemerintahan, BUMN, institusi pemerintahan, organisasi, maupun komunitas.

Berikut ini rincian paket team buildin

1 thought on “Team Building: Pengertian, Jenis Permainan & Paket Terlaris”

Leave a Comment

error: Sorry, you can\\\\\\\\\\\\\\\'t do this...