Contact Us

30 Tempat Wisata Alam di Bandung, Lembang & Ciwidey

situ patenggang
Objek wisata di Bandung Selatan, Situ Patenggang. (Foto via IG @lina_falindrawisata)

Kali ini Bellva Adventure Indonesia akan menyajikan pemaparan tentang rekomendasi tempat wisata alam di Bandung. Ingat baik-baik karena tempat yang kami jelaskan sekarang ini adalah tempat wisata alam yang paling favorit di kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Sebagian tempat wisata alam ini ada yang baru dan ada juga yang sudah lama tapi selalu menjadi favorit wisatawan.

Jika Anda datang ke Bandung, jangan lupa untuk mengunjungi objek-objek atau tempat wisata di Bandung untuk menghilangkan kepenatan hidup yang fana ini. Kehadiran objek tempat wisata di Bandung akan membuat Anda merasa fresh dan mencerahkan pikiran.

Berikut ini penjelasan yang lengkap, ringkas dan padat soal tempat wisata alam di Bandung paling favorit. Simak baik-baik ya.

1. Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan (foto Instagram/sendanggeulis_kahuripan)

Mata air jelita ini menawarkan udara yang sejuk dan air yang jernih untuk berendam, Tetapi aktivitas yang paling digemari anak muda di sini tentu saja underwater selfie.

Sendang Geulis Kahuripan terletak di Kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari Cikalong Wetan. Kawasan wisata beroperasi mulai jam 07.00 sampai 17.00 WIB.

2. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut (foto Instagram/sanghyangheuleut/adnansamsuleh)

Terletak di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Sanghyang Heuleut merupakan danau hijau memesona dikelilingi batu-batu kali yang eksotis. Saking cantiknya, tempat ini sampai disebut kolam bidadari.

Sanghyang Heuleut merupakan tempat wisata Bandung yang cocok untuk mandi dan berfoto. Bagi yang hobi menguji nyali, silakan melompat dari salah satu batu yang tingginya lebih dari 5 meter. Hati-hati buat yang kurang jago berenang.

3. Tebing Citatah

Buat anak-anak pecinta alam atau yang sekadar ingin mencoba tempat wisata baru, coba saja nge-trip ke Tebing Citatah.

Tebing Citatah termasuk salah satu favorit buat panjat tebing. Kalau sudah sampai di puncak, pemandangan alam sekitar yang luar biasa sudah menanti untuk diresapi. Jangan lupa jepret satu foto ekstrem buat mengabadikan momen.

Tarif: variatif, umumnya sepaket dengan trip ke Stone Garden Geopark

4. Curug Bugbrug

Curug Bugbrug (foto Instagram/jarjerjooor)

Air terjun tunggal yang cukup cantik ini berada di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua. Dinamai Brugbrug karena suara curahan airnya seperti menghempas dengan bunyi brug…brug…

5. Gunung Manglayang

Gunung Manglayang (foto instagram/irvanhardri)

Gunung ini cocok buat pendaki pemula, karena tak terlalu tinggi. Pemandangan di puncaknya indah dan relatif sepi. Tetapi harus hati-hati dan menyiapkan stamina, karena tidak ada pos pendakian yang tersedia.

6. Lereng Anteng Panoramic Coffee Place

Lereng Anteng Panoramic Coffee (foto instagram/lerenganteng)

Ini tempat nongkrong dan ngopi yang lagi hits banget di Bandung. Letaknya di daerah Puncak Ciumbuleuit atau Punclut yang adem.

Daerah ini terkenal akan wisata kulinernya. Salah satu yang paling digemari anak muda adalah menikmati secangkir kopi di salah satu tenda atau saung yang menghadap pemandangan kota Bandung.

7. Babakan Siliwangi

babakan siliwangi
Babakan Siliwangi (foto via jejakpiknik.com)

Babakan Siliwangi adalah ruang terbuka hijau di jantung kota Bandung. Tempat ini sudah menjadi area sabuk hijau sejak zaman Belanda. Hutan kota ini nggak kalah cantiknya dengan Central Park, New York, lho.

Tarif: Rp 3.000

8. Kawah Putih Ciwidey

kawah putih ciwidey

Tempat wisata alam di Bandung selanjutnya adalah Kawah Putih yang berada di daerah Rancabali Kabupaten Bandung. Namun orang-orang sering menyebut kawah putih ada di Ciwidey, padahal secara administrasi wilayah itu ada di wilayah Rancabali.

Kawah Putih menawarkan sejuta pemandangan alam yang mempesona. Namun kalian jangan lama-lama berada di sana karena bau belerang.

Pengunjung wisata Kawah Putih dibatasi waktunya selama berada di sana yaitu 20 menit. Karena kalau terlalu lama dapat membahayakan tubuh.

9. Situ Cileunca Pangalengan

situ cileunca pangalengan
Situ Cileunca Pangalengan

Tempat wisata alam Bandung di nomor sembilan ada Situ Cileunca yang berlokasi di Pangalengan. Tempat wisata ini sungguh mempesona karena menyuguhkan pemandangan danau dengan suasana yang sejuk dan indah.

Di Situ Cileunca biasa dijadikan sebagai tempat untuk kegiatan rafting. Namun lokasi raftingnya bukan di Situ Cileunca, melainkan di daerah aliran sungai yang mengalir dari Situ Cileunca. Alirannya sangat deras dan menantang.

Di area sekitar Situ Cileunca juga cukup banyak penginapan untuk kalian huni selama beberapa hari. Menarik bukan?

10. Sungai Palayangan

rafting di sungai palayangan pangalengan
Rafting atau arung jeram di aliran Sungai Palayangan, Situ Cileunca Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Sungai Palayangan berada di Pangalengan, Kabupaten Bandung. Sungai ini mengalir deras dari arah Situ Cileunca. Selama ini, aliran sungai Pangalengan selalu dijadikan sebagai tempat kegiatan rafting atau arung jeram bagi banyak wisatawan.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, aliran deras sungai Palayangan tergolong menantang karena ada cukup banyak rintangan seperti bebatuan dan intensitas aliran sungai yang deras. Sangat seru dan worth it dengan biaya yang kamu keluarkan.

Tarif: Minimal Rp150 ribu (dengan 6 orang peserta per perahu karet)

11. Perkebunan Teh Malabar

Kebun Teh Malabar di Pangalengan
Kebun Teh Malabar di Pangalengan

Kita masih lanjut di daerah Bandung selatan, tepatnya di Pangalengan. Di kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung, terdapat kebun teh Malabar yang sangat bersejarah.

Lokasinya ada di dataran tinggi, dan kebun tehnya masih sangat terawat sehingga menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan menawarkan udara yang sejuk. Kamu kalau ke tempat ini jangan lupa bawa jaket.

Di sekitar Kebun Teh Malabar ini juga terdapat penginapan dan bungalow yang berada tepat di sebelah rumah milik Bosscha. Bosscha adalah warga berkebangsaan Jerman yang merupakan pendiri sekaligus pemilik kebun teh Malabar itu.

12. Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu di Bandung

Wah, tempat wisata alam satu ini tentu sudah tidak asing lagi buat kamu. Ya, namanya adalah Gunung Tangkuban Perahu, yang berada di sisi jalan raya yang menghubungkan antara Kabupaten Bandung Barat dan Subang.

Gunung Tangkuban Perahu selama ini telah menjadi ikon wisata alam di Bandung. Lokasinya juga mudah dikunjungi karena ada di sisi jalan besar.

Di sana terdapat pemandangan kawah dan gunung yang kokoh tegak berdiri. Sangat cocok untuk dikunjungi keluarga kamu saat ingin pergi ke tempat wisata alam.

13. Pemandian Air Panas Ciater

Terletak di Desa Nagrak, sumber air panas ini merupakan tempat wisata di Bandung yang sudah kondang.

Daya tarik wisatanya sudah bukan cuma kolam air panas. Ada berbagai wahana, fasilitas olahraga, camping ground, outbond, sampai spa dan restoran.

14. Curug Maribaya

curug maribaya

Air terjun yang satu ini memang diselimuti mitos dan cerita mistis. Tetapi selama Anda berhati-hati, tidak akan terjadi masalah saat mengunjunginya. Apalagi pemandangan di Curug Maribaya memang cukup indah.

15. Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda

Taman hutan ini punya beberapa objek wisata sekaligus. Antara lain Curug Omas, Curug Lalay, Goa Jepang, dan Goa Belanda. Hutan Maribaya sendiri memiliki kondisi alam yang asri.

Asyiknya lagi kita tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati objek wisata sebanyak ini.

16. Taman Begonia

Nama resminya adalah Taman Begonia Glory. Di sini pengunjung bisa menemukan aneka warna begonia yang cantik. Bisa juga menikmati wisata petik sayuran dan buah. Soalnya Taman Begonia juga ditanami tumbuhan pangan dan bebungaan jenis lain.

17. Curug Bellarosa

Air terjun cantik ini terletak di Jalan Maribaya Timur. Bisa dikunjungi selama 24 jam, lho. Bukan sekadar curug yang ditawarkan di sini. Pemandangan hutan pinusnya juga menyejukkan mata.

18. Tebing Keraton

Salah satu tempat wisata yang lagi digilai kaum milenial ini menawarkan keindahan alam luar biasa.

Tarif: Rp11.000,00 (tiket masuk), Rp40.000,00 (kemah dengan peralatan sendiri)

19. Curug Malela

Berlokasi di Desa Cicadas, Gunung Halu, air terjun ini mengalir dalam 5 jalur, menghasilkan pemandangan yang megah dan memikat. Air terjun ini masih satu rangkaian dengan Curug Katumiri, Manglid, Ngebul, Sumpel, Palisir, dan Pameungpeuk.

20. Curug Cimahi

Curug Cimahi yang juga dikenal dengan nama Curug Pelangi kini semakin cantik dengan hiasan lampu warna-warni yang tersembunyi di balik aliran air. Jadinya seperti pelangi yang mengalir dari tebing.

21. Situ Patenggang

situ patenggang
Situ Patenggang. (Foto via IG @fadli_zaka)

Kawasan Rancabali terkenal dengan kebun tehnya. Di tenga-tengahnya ada Situ Patenggang yang memesona. Di sini kita bisa piknik sambil memancing di tengah danau. Tinggal menyewa salah satu perahu yang tersedia.

22. Kawah Rengganis Cibuni

Berlokasi di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Rengganis memiliki kawah belerang yang bercampur dengan aliran air sungai. Selain indah, air di sana juga berkhasiat untuk kulit.

Kondisi alam di sini relatif lebih rindang daripada tetangganya, Kawah Putih.

23. Pemandian Air Panas Cimanggu

Pemandian air panas alami yang cocok untuk wisata keluarga atau pasangan. Terutama bagi mereka yang ingin relaksasi.

24. Glamping Lakeside

situ patenggang
Objek wisata di Bandung Selatan, Situ Patenggang. (Foto via IG @lina_falindrawisata)

Satu lagi tempat wisata yang dimiliki Rancabali, yaitu Glamping Lakeside. Berupa resort dengan panorama jelita di tengah hamparan kebun teh. Spot terbaik di sini adalah Pinisi Resto yang berada di tepian Situ Patenggang. Bentuknya mirip dengan perahu raksasa.

25. Legok Kondang Glamping

Legok Kondang ini aslinya adalah tempat kemah dengan konsep eksklusif. Wisatawan memang menginap di tenda, tetapi tenda yang memiliki fasilitas lengkap dan kenyamanan ala hotel. Tentu saja dikelilingi alam hijau yang asri.

26. Bukit Jamur

Di daerah Rancabolang ada sebuah bukit dengan pemandangan yang cukup unik. Dikelilingi deretan pohon cemara yang dipangkas menyerupai jamur payung.

27. Kebun Tanaman Obat Sari Alam

Tempat ini berfungsi sebagai herborium, pusat penelitian kesehatan, dan klinik pengobatan alternatif dengan tanaman herbal. Cocok juga untuk wisata edukasi tentang TOGA. []

Leave a Comment

Search
We Are in social
Terkini
bellva tv
error: Sorry, you can\\\\\\\\\\\\\\\'t do this...