Gathering: Pengertian, Jenis, Lokasi & Paket

gathering bandung

Gathering adalah suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh banyak kalangan, baik itu perusahaan, lembaga, institusi, ataupun organisasi. Tujuan diadakan gathering di antaranya untuk memberikan liburan atau sarana refreshing kepada para karyawan.

Kegiatan gathering menjadi sangat penting karena pada hakekatnya manusia adalah makhluk sosial sehingga butuh suasana yang membuat mereka akrab dengan sesamanya, baik itu sesama rekan kantor, teman organisasi atau lembaga, teman setongkrongan, teman sekolah semasa dulu, maupun anggota keluarga.

Karena itu, lokasi digelarnya gathering biasanya di tempat-tempat wisata yang sejuk dan dipenuhi pemandangan alam yang indah. Alasan mengapa gathering digelar di tempat wisata, ini tak lepas dari kebutuhan manusia terhadap pariwisata demi melepas kepenatan setelah bekerja di daerah perkotaan atau menghadapi berbagai urusan di segala aspek kehidupan.

Pada artikel ini, kami menghimpun segala hal yang berkaitan dengan gathering. Apa pengertian gathering, apa arti dan manfaatnya, macam-macamnya, lokasi yang bagus untuk gathering, dan paket-paket gathering yang kami sediakan.

Pengertian Gathering

gathering bandung

Sebagian dari kita mungkin masih ada yang bingung mengenai apa itu gathering. Di mbah google pun banyak yang menjelaskannya tetapi rasanya belum ada yang konkret memberi penjelasan.

Pada prinsipnya, gathering adalah kegiatan perusahaan, lembaga, institusi, keluarga atau komunitas, yang diselenggarakan di tempat-tempat wisata, hotel, penginapan, resort dan sejenisnya.

Gathering berfungsi sebagai sarana rekreasi bagi para karyawan atau orang pada umumnya yang tujuannya adalah menjalin dan merekatkan ikatan silaturahmi dengan saling mengenal di antara karyawan demi terwujudnya soliditas yang kuat untuk kemajuan perusahaan.

Jadi, makna gathering lebih melekat pada kegiatan yang digelar oleh perusahaan, institusi, atau keluarga. Inilah yang kemudian membagi gathering ke dalam beberapa macam berdasarkan siapa yang menyelenggarakannya.

Family Gathering

gathering bandung

Sampai pada pembahasan ini, mungkin masih banyak orang yang bertanya-tanya, apa itu Apa itu family gathering? Family gathering adalah istilah yang muncul sebagai turunan dari makna gathering berdasarkan siapa yang mengadakannya.

Family Gathering artinya dalam konteks Indonesia adalah suatu aktivitas kegiatan yang digelar oleh lembaga, perusahaan, institusi maupun keluarga, dengan tujuan untuk mengakrabkan hubungan antara satu dengan yang lain.

Tentu tidak menutup kemungkinan, keluarga besar Anda ingin mengakrabkan sesama anggota keluarga agar jalinan silaturahmi lebih erat. Biasanya untuk mempererat hubungan dengan adik ipar, kakai ipar, mertua, menantu dan sebagainya.

Kegiatan family gathering dan program yang terdapat di dalamnya dapat memecah kejenuhan dan kebekuan yang mungkin sempat ada di antara anggota keluarga besar. Untuk mencairkan kebekuan tersebut, sekaligus untuk mengakrabkan mereka, family gathering adalah kegiatan yang tepat.

Karena itu pula, gathering tidak hanya digelar oleh kalangan perusahaan atau lembaga-lembaga resmi yang berbadan hukum, tetapi juga bisa diadakan oleh keluarga besar.

Company Gathering

gathering bandung

Selanjutnya soal company gathering. Company gathering adalah kegiatan yang digelar oleh perusahaan alias company untuk para karyawannya, dengan menggunakan jasa EO Company Gathering yang tentunya profesional, berpengalaman dan berbadan hukum resmi.

Pimpinan perusahaan selama ini menganggap penting kegiatan company gathering sebagai sarana wisata atau rekreasi kepada para karyawan. Company gathering digelar dengan waktu yang dapat diatur oleh pihak perusahaan. Namun, biasanya perusahaan memilih menyelenggarakan company gathering di awal tahun atau akhir tahun.

Meski begitu, banyak juga perusahaan yang menyelenggarakan company gathering di tengah tahun, tergantung pada pemasukan perusahaan selama setahun atau beberapa tahun belakangan.

Di dalam company gathering terdapat banyak kegiatan yang sangat seru kepada peserta, karena tujuan company gathering ini sendiri adalah sebagai sarana liburan serta hiburan bagi para karyawan.

Employee Gathering

gathering bandung

Arti dari employee gathering tidak jauh berbeda dengan company gathering. Kegiatan employee gathering juga digelar oleh suatu perusahaan, BUMN, organisasi atau lembaga. Dan seperti namanya, employee (karyawan), employee gathering ditujukan kepada para karyawan.

Istilah employee gathering lebih banyak digunakan oleh kalangan perusahaan, dibandingkan dengan company gathering. Kegiatan company gathering biasanya diikuti oleh peserta lebih dari 50 orang, dengan lokasi di tempat-tempat destinasi wisata.

Ada banyak daerah yang biasa dijadikan tempat gathering. Antara lain, misalnya di Jawa Barat yakni di Bandung, Lembang, Ciwidey, Pangalengan, Cimaung, Pangandaran, Garut, dan Tasikmalaya.

Kalau di Jakarta, biasanya employee gathering diselenggarakan di Kepulauan Seribu dan di kawasan Ancol. Yogyakarta atau Jogja, tentu juga tepat untuk menyelenggarakan employee gathering sebab di sana ada banyak tempat wisata yang bagus-bagus.

Gathering Kantor

gathering bandung

Selanjutnya soal gathering kantor. Banyak kantor yang menyediakan benefit kepada karyawannya dengan memberikan kegiatan berupa gathering. Sebab, gathering dipercaya sebagai sebuah kegiatan yang penting dan dibutuhkan oleh perusahaan maupun kantor.

Karena terdapat minat yang begitu tinggi dari kalangan kantor untuk mengadakan kegiatan gathering, maka muncullah istilah gathering kantor di dunia event organizer untuk acara gathering. Gathering kantor tidak selalu berbentuk kegiatan hiburan atau entertain.

Kegiatan gathering kantor juga bisa diwujudkan dalam bentuk yang edukatif tetapi tetap fun dan menyenangkan. Harapannya, dengan kegiatan gathering kantor yang memuat nilai edukatif, bisa berguna bagi pertumbuhan perusahaan maupun kantor yang bergerak di berbagai bidang.

Media Gathering

Nah, kali ini agak berbeda dengan kegiatan gathering yang lain. Namanya adalah media gathering. Mengapa disebut media gathering? Karena kegiatan gathering tersebut ditujukan bagi para awak media massa atau pekerja media yaitu wartawan.

Biasanya kalangan perusahaan, BUMN, swasta, maupun institusi pemerintah, menyelenggarakan acara khusus bagi para wartawan setiap tahunnya. Acara khusus ini disebut dengan media gathering. Bentuk acara media gathering pun bermacam-macam.

Namun, kegiatan media gathering kebanyakan berupa perjalanan ke tempat wisata di suatu daerah. Daerah yang biasanya dipilih untuk acara media gathering di antaranya, Bandung, Banten (Pantai Anyer), Bogor (Puncak), Yogyakarta, Bali, Bangka Belitung, dan daerah-deerah wisata lainnya.

Di dalam acara media gathering, biasanya diisi dengan kegiatan outbound, tur keliling ke berbagai destinasi wisata, dan kegiatan fun lainnya.

Corporate Gathering

gathering bandung

Istilah lain dalam dunia kegiatan gathering adalah corporate gathering. Ini adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh perusahaan corporate untuk para karyawannya. Biasanya perusahaan yang mengadakan corporate gathering merupakan perusahaan holding sehingga skalanya besar dan memiliki ribuan karyawan.

Meski begitu, pada prinsipnya kegiatan corporate gathering memiliki kesamaaan dengan kegiatan company gathering maupun employee gathering. Karena beberapa kegiatan gathering tersebut sama-sama diselenggarakan oleh pihak perusahaan bagi para karyawan, yang tentunya membutuhkan jasa Event Organizer sebagai penyelenggara event.

Isi kegiatan corporate gathering juga tidak jauh berbeda dengan company gathering atau employee gathering. Perbedaan mendasarnya terletak pada jumlah peserta yang kemungkinan bisa mencapai ratusan hingga ribuan orang. Karena itu, jangan sembarang memilih EO gathering untuk mengadakan corporate gathering ini.

Kalangan corporate yang hendak mengadakan gathering perlu menentukan EO gathering yang tepat, profesional dan berpengalaman. Tentu saja EO yang masuk dalam kriteria itu adalah Bellva Adventure Indonesia, yang telah berpengalaman membantu perusahaan-perusahaan besar untuk mengadakan corporate gathering di berbagai daerah.

Family Gathering Perusahaan

gathering bandung

Sedangkan family gathering perusahaan berarti kegiatan yang tujuannya untuk mengakrabkan hubungan antara satu karyawan dengan karyawan yang melibatkan anggota keluarga dari karyawan tersebut.

Family gathering memiliki manfaat yang besar terutama untuk kalangan perusahaan dan institusi serta lembaga. Dan berikut ini kami ulas mengenai arti penting dari kegiatan family gathering.

Manfaat Family Gathering

gathering bandung

Terjalin Hubungan Baik Sesama Karyawan: Manfaat family gathering terutama pada suatu perusahaan atau organisasi adalah menjalin suatu relasi dan menjaga hubungan baik antara sesama karyawan dan keluarga di dalam perusahaan atau organisasi itu sendiri.

Mempererat Keakraban Antarkeluarga Karyawan: Saling mempererat hubungan pertemanan dan kekerabatan antara keluarga karyawan yang satu dengan yang lainnya. Mempererat kerja sama antara sesama karyawan perusahaan dan organisasi.

Sarana Refreshing: Menghilangkan beban pekerjaan yang selama ini dilakukan, dengan family gathering ini diharapkan seluruh karyawan dapat berbahagia dan segar kembali, sehingga pada saat bekerja nanti dalam keadaan fresh.

Membangun Hubungan Harmonis: Liburan dengan konsep family gathering memberikan banyak manfaat untuk membangun hubungan yang lebih harmonis. Mengisi waktu liburan dan rekreasi tidak hanya dengan mengunjungi tempat wisata yang jauh dan mewah.

Dengan konsep liburan yang sederhana kita dapat membangun komunikasi dan kerjasama team yang lebih solid untuk pengaplikasian dalam hal pekerjaan maupun kehidupan sosial lainnya. Di masa kini banyak konsep perjalanan liburan yang ditawarkan oleh para penyelenggara perjalanan wisata luar maupun dalam negeri.

Bahkan ada beberapa perusahaan ataupun komunitas yang telah mapan biasanya setahun sekali menggelar acara gathering yang biasa disebut family gathering. Gathering ini melibatkan keluarga dari karyawan perusahaan tersebut.

Bahkan sekarang ini ada banyak keluarga dan komunitas yang menerapkan konsep liburan dengan gathering, sehingga tidaklah heran banyak yang menyebut konsep liburan ini dengan sebutan family gathering.

Peserta dalam Family Gathering

gathering bandung

Family gathering memberikan keunikan dan nuansa positif tersendiri yang berguna bagi perusahaan Anda. Suasana keakraban yang terbangun dalam kegiatan family gathering biasanya akan terus langgeng setelah kegiatan tersebut digelar.

Apalagi jika Anda menggunakan jasa EO gathering family perusahaan yang berpengalaman dan profesional seperti Bellva Adventure Indonesia. Dijamin kegiatan gathering family perusahaan Anda lancar dan memuaskan.

Adapun peserta dalam family gathering adalah sebagai berikut:

  • Karyawan
  • Istri atau suami dari karyawan
  • Anak-anak dari karyawan
  • Anggota keluarga (family gathering keluarga besar)

Family Gathering Keluarga

Kegiatan family gathering keluarga adalah kegiatan gathering yang melibatkan anggota keluarga seperti ayah, ibu, kakek, nenek, dan anak-anak. Lalu mengapa membutuhkan EO untuk family gathering keluarga?

Bellva Adventure Indonesia memiliki kemampuan agar kegiatan family gathering keluarga Anda menjadi lebih menarik, seru dan tidak akan terlupakan karena telah menjelma menjadi kenangan terindah. Jadi, waktu-waktu yang Anda miliki tidak akan terbuang sia-sia dan akan lebih bermanfaat dengan kegiatan yang mengasyikkan dengan konsep yang disajikan oleh kami.

Saat ini banyak keluarga yang kebingungan mencari provider untuk mengisi kegitan Family Gathering. Karena itu Bellva Adventure Indonesia hadir menyediakan paket atau kegiatan untuk keluarga.

Paket gathering Lembang yang kami tawarkan akan menjadikan kegiatan liburan sekeluarga Anda jauh lebih seru dan menarik serta akan menjadi kenangan yang tidak akan terlupakan.

Kegiatan games yang kami miliki mengusung konsep unik dan berbeda. Karena, kami menyajikan games yang bisa membuat banyak orang terlibat. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. So, tidak hanya orang tuanya saja yang bermain, tapi anak-anaknya pun ikut bermain dengan pemandu yang khusus untuk menangani anak-anak.

Jenis-Jenis Kegiatan Family Gathering

Family Gathering memiliki beragam jenis kegiatan. Kegiatan dalam family gathering pada umumnya adalah Ice Breaking, Outbound, Fun Games, Fun Team Building, Capacity Building, dan berbagai kegiatan seru dan menarik lainnya. Berikut ini kami paparkan 3 kegiatan dalam Family Gathering:

Ice Breaking

Permainan ini diperuntukkan bagi semua karyawan peserta family gathering maupun anggota keluarga peserta family gathering. Semua keluarga akan menikmati semua permainan memecah kejenuhan yakni ice breaking, tanpa terkecuali. Games ini akan menaikkan semangat untuk menuju permainan berikutnya.

Fun Games

Pada games ini kita akan bermain sesuai kelompok yang nantinya akan dibagi-bagi. Setiap kelompok akan berkompetisi untuk menjadi pemenang dengan menyelesaikan beberapa games. Setiap kelompok akan saling memperjuangkan anggota keluarganya.

Permainan ini bersifat menyenangkan, fun dan seru secara bersama-sama. Fun Games ini bertujuan untuk membangun suasana keakraban dan kekompakan dengan konsep yang fun dan seru.

Team Building

Di permainan ini, kami EO Bandung Bellva Adventure Indonesia akan memisahkan antara orang dewasa dan anak-anak. Hal ini karena model team building anak-anak dan dewasa itu berbeda. Kami akan sesuaikan dengan tingkatan umur.

Kegiatan Team Building bertujuan untuk membangun sinergitas dan kekompakan di antara banyak orang dengan permainan yang membutuhkan kerja sama, fokus, sikap saling mendukung dan sinergitas tinggi. Ini berguna bagi perusahaan untuk meningkatkan kerja sama yang tinggi di antara para karyawan demi tercapainya target perusahaan. []

2 thoughts on “Gathering: Pengertian, Jenis, Lokasi & Paket”

Leave a Comment

error: Sorry, you can\\\\\\\\\\\\\\\'t do this...