Contact Us

Offroad: Apa Artinya, Jenis Mobil & Paket Wisata Bandung

Wisata Offroad Cikole Lembang
Wisata Offroad Cikole Lembang

Offroad artinya adalah kegiatan outdoor yang menggunakan kendaraan di jalan yang tidak beraspal, seperti tanah lumpur, bebatuan, pasir, atau sungai. Bila kita telaah secara harfiah, offroad sendiri berasal dari kata bahasa Inggris dan terjemahan dalam bahasa Indonesia ialah di luar jalan.

Penting diketahui, kini offroad menjadi salah satu hal yang tengah digandrungi khalayak ramai. Khususnya dari masyarakat perkotaan yang tertarik banget ingin melakukan wisata naik jeep offroad di Bandung. Namun sebenarnya apa itu offroad dan apa artinya? Simak ulasan berikut ini.

BACA JUGA:

Apa Artinya Offroad?

wisata offroad bandung lembang cikole
Kegiatan offroad di Cikole Lembang Bandung

Pengertian offroad adalah suatu kegiatan yang diadakan di alam terbuka atau outdoor dengan menggunakan kendaraan khusus di jalan atau jalur yang tidak beraspal. Contohnya jalanan yang penuh tanah lumpur, pasir, bebatuan, atau sungai.

Secara bahasa, offroad sendiri berasal dari kata bahasa Inggris dan terjemahan dalam bahasa Indonesia ialah di luar jalan. Arti offroad selain sebagai kegiatan ekstrem di alam dengan kendaraan, offroad juga merujuk pada kendaraan yang telah didesain dan dirancang khusus untuk berkendara di alam terbuka seperti hutan.

Karena offroad adalah kegiatan yang dilakukan di alam terbuka, maka sudah pasti offroad menawarkan keseruan dan tantangan. Sehingga offroad kini semakin banyak diminati berbagai kalangan, khususnya pecinta adventure dan pecinta olah raga ekstrem.

Kegiatan Offroad Terus Berkembang

Wisata offroad cikole lembang bandung
Wisata offroad yang diikuti perusahaan dari Jakarta.

Beberapa kegiatan offroad sekarang dikemas menjadi ajang kompetisi yang diikuti banyak peserta dengan melintasi jalur khusus yang kemudian disebut dengan jalur offroad. Jalur offroad ini penuh tantangan dan terbilang ekstrem sehingga butuh keahlian khusus untuk melewati medan yang memacu adrenalin itu.

Selain dikonsep sebagai sebuah kompetisi, offroad juga berkembang menjadi salah satu jenis kegiatan pariwisata di daerah yang memiliki kawasan hutan dengan jalur yang ekstrem. Misalnya Bandung, Lembang, Cikole, Subang, Pangalengan, Jogja, dan daerah lain dengan kontur tanah yang ekstrem.

Di Bandung misalnya, ada lokasi untuk berkegiatan offroad yaitu di Pangalengan, Ciwidey dan Rancabali. Di Lembang dan Cikole serta Subang, juga terdapat tempat offroad dengan mengambil lokasi di kawasan hutan yang ada di masing-masing tiga wilayah itu.

paket outbound bandung

Paket Offroad Bandung Lembang Cikole

offroad bandung lembang cikole

Tak heran, kini banyak EO bermunculan yang menyediakan paket offroad Bandung Lembang Cikole Subang. Ada pula EO yang menawarkan paket offroad Pangalengan, Ciwidey dan juga Rancabali. Silakan Anda pilih lokasi tersebut jika tertarik offroad.

Salah satu EO Bandung Lembang yang menyediakan paket offroad terlengkap dengan harga terjangkau adalah kami. Ya. Bellva Adventure Indonesia. Anda bisa segera menghubungi untuk info dan pemesananan paket offroad untuk menyempurnakan liburan Anda selama di Lembang Bandung.

Ban dan Mesin Kendaraan Offroad

Offroad Cikole Lembang
Offroad cikole lembang adalah kegiatan yang menggunakan kendaraan Landrover dan melintasi hutan di kaki Gunung Tangkuban Perahu

Untuk bisa melintasi jalur offroad, pemilihan ban yang tepat menjadi salah satu kunci. Ban yang dipilih tidak bisa asal-asalan, dan bukan ban yang digunakan sebagaimana sering digunakan untuk jalanan beraspal.

Ban offroad adalah ban yang sangat tebal dan memiliki bentuk yang lebih menonjol dibandingkan dengan ban untuk jalanan beraspal. Jadi dapat dikatakan, salah satu ciri ban kendaraan offroad yaitu punya ketebalan yang lebih tinggi dan bentukan yang signifikan agar bisa menapak di medan ekstrem seperti tanah lumpur, bebatuan, dan sungai.

Mesin kendaraan offroad pun adalah mesin yang sudah dirancang sedemikian rupa agar memiliki akselerasi yang lebih cepat ketimbang kendaraan pada umumnya. Kendaraan offroad biasanya menggunakan mesin 4WD, yaitu seluruh ban bergerak mengikuti tarikan mesin. Ini berbeda dengan kendaraan roda empat pada umumnya, di mana tarikan mesin hanya bertumpu di dua ban yakni pada belakang.

Kendaraan ATV

ATV Bandung

Satu hal lagi yang perlu dipahami, kendaraan offroad mengacu pada kendaraan roda empat maupun roda dua. Artinya, mobil dan motor juga bisa dikatakan dan digunakan sebagai kendaraan offroad selama mesin, sasis dan bannya sudah didesain untuk bertempur di jalanan ekstrem.

Adapun motor roda empat kini juga bisa digunakan untuk melewati jalur offroad, yaitu dengan ATV. ATV adalah kendaraan mini yang memiliki empat roda kecil, yang dikhususkan untuk melintasi jalur tanah atau jalur offroad. Biasanya kendaraan ATV disediakan di destinasi wisata yang memiliki fasilitas offroad. []

Leave a Comment

Search
We Are in social
Terkini
bellva tv
error: Sorry, you can\\\\\\\\\\\\\\\'t do this...