Contact Us

Tujuan dan Manfaat Employee Gathering Ternyata Banyak Lho, Bos dan HRD Harus Tau Nih!

Kegiatan Employee Gathering
Kegiatan Employee Gathering

Gathering Bareng Bellva — Employee gathering bukan sekedar event biasa yang rutin dilakukan banyak perusahaan. Namun employee gathering memiliki kelebihan tersendiri untuk sebuah perusahaan dan menjadi momen berharga bagi setiap karyawan.

Mengapa demikian? Karena acara perusahaan satu ini mampu memberikan stimulus untuk memperkuat hubungan antara perusahaan dan karyawan. Termasuk juga antara karyawan dengan rekan-rekannya sehingga diharapkan ke depannya mereka dapat saling terhubung dan saling bekerja sama dalam konteks profesional.

baca juga: Paket Family Gathering di Bandung dengan Fasilitas dan Layanan Terlengkap

Pengertian Employee Gathering

Employee gathering adalah kesempatan bagi seluruh karyawan untuk terlibat dalam beragam aktivitas, baik yang bersifat administratif maupun non-administratif.

Aktivitas ini mencakup segala hal, mulai dari pertemuan tahunan alias annual meeting hingga acara non-formal seperti outbound atau gala dinner.

Gathering Bandung Lembang Cikole
Employee Gathering PT Hino Indonesia

Tujuan Employee Gathering

Ada beberapa tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan gathering karyawan:

1. Sarana Menyampaikan Informasi Perusahaan

Gathering merupakan platform efektif bagi manajemen perusahaan untuk menyampaikan informasi terkini kepada seluruh karyawan, mulai dari budaya perusahaan hingga perkembangan teknologi.

2. Apresiasi Karyawan

Acara gathering juga menjadi kesempatan bagi perusahaan untuk mengapresiasi prestasi karyawan. Melalui gala dinner atau kegiatan lainnya, perusahaan dapat menunjukkan penghargaannya kepada karyawan.

3. Mendengar Feedback

Kegiatan ini juga menjadi waktu yang tepat bagi karyawan untuk memberikan feedback kepada perusahaan mengenai berbagai hal, mulai dari strategi bisnis hingga evaluasi budaya kerja.

4. Melepaskan Penat

Dalam suasana kerja yang serba sibuk, gathering memberikan kesempatan bagi karyawan untuk melepaskan penat dan bersantai, yang pada gilirannya dapat meningkatkan produktivitas.

employee gathering WIKA PP
Employee Gathering WIKA-PP Joint Operation

Manfaat Employee Gathering

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kegiatan yang memuat unsur interaksi sosial dan alam seperti employee gathering dapat memiliki dampak positif yang signifikan. Antara lain sebagai berikut:

1. Penguatan Hubungan Tim

Manfaat pertama employee gathering yaitu membantu memperkuat hubungan antar anggota tim, yang pada akhirnya memperkuat kerjasama dan kolaborasi di tempat kerja. Tentu berguna untuk meningkatkan profesionalitas di lingkungan kerja.

2. Peningkatan Kolaborasi

Dengan adanya hubungan yang lebih dekat antar karyawan, kolaborasi dalam tim menjadi lebih lancar dan produktif. Sebab tidak ada lagi sekat-sekat yang menghambat terjalinnya koordinasi antarkaryawan.

Apalagi, diakui, penyakit orang Indonesia dalam hal ini di lingkungan kantor adalah rasa sungkan atau gak enakan. Alhasil, jika ini yang terjadi, koordinasi dan komunikasi yang seharusnya terjalin baik dan bermanfaat positif untuk perusahaan, malah tersendat.

3. Motivasi Karyawan

Melalui gathering, karyawan merasa dihargai dan terhubung dengan perusahaan, yang dapat meningkatkan motivasi dan kinerja mereka.

4. Peningkatan Retensi Karyawan

Karyawan yang merasa terhubung dengan perusahaan cenderung bertahan lebih lama, sehingga gathering dapat berkontribusi pada peningkatan retensi karyawan.

5. Meningkatkan Kesejahteraan

Kegiatan rekreasi dan olahraga dalam gathering dapat membantu meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental karyawan, yang pada gilirannya dapat mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas.

Tips Mengadakan Employee Gathering

Untuk mengadakan gathering yang sukses, ada beberapa tips yang perlu dipertimbangkan:

  1. Tetapkan Tujuan yang Jelas: Tentukan tujuan dari kegiatan gathering agar dapat merencanakan aktivitas yang sesuai.
  2. Pilih Lokasi dengan Bijaksana: Pilih lokasi yang sesuai dengan tujuan acara dan suasana yang diinginkan.
  3. Susun Agenda dengan Baik: Rencanakan berbagai aktivitas yang dapat melibatkan karyawan dan menciptakan suasana yang menyenangkan.
  4. Pilih EO Gathering Terbaik: Tentu saja, hanya Bellva Adventure Indonesia, partner gathering terbaik untuk perusahaan Anda.

Contoh Employee Gathering

Ada beberapa ide atau konsep employee gathering yang dapat dilakukan oleh perusahaan antara lain:

  • Outing ke Alam: Perjalanan ke alam terbuka seperti hiking atau berkemah dapat memberikan pengalaman yang menyegarkan bagi karyawan.
  • Lakukan kegiatan Outbound: Kegiatan outbound ada banyak macamnya. Salah satunya adalah outbound yang dirancang untuk meningkatkan kerja sama dan melatih peserta dalam mengatasi masalah secara bersama-sama.
  • Lokakarya dan Pelatihan: Adakan lokakarya atau pelatihan yang relevan dengan pekerjaan untuk meningkatkan keterampilan karyawan.
  • Birthday Office Party: Rayakan ulang tahun karyawan setiap bulannya sebagai bentuk apresiasi.
  • Gala Dinner: Selenggarakan acara makan malam formal seperti gala dinner untuk memberikan penghargaan kepada karyawan.
  • Pekan Festival Karyawan: Adakan festival karyawan dengan beragam acara seperti pameran, pertunjukan bakat, atau seminar untuk merangsang rasa persatuan dan kreativitas di antara karyawan.

Itulah penjelasan dari kami, Bellva Adventure Indonesia, mengenai hal-hal apa saja terkait employee gathering yang perlu diketahui.

Dengan mengadopsi strategi ini, perusahaan Anda dapat memperkuat hubungan dengan karyawan dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih positif dan produktif.

———————————————————

Bellva Adventure Indonesia adalah EO Gathering yang berpusat di Lembang Bandung yang telah berpengalaman dan profesional menyelenggarakan berbagai event gathering perusahaan. Salah satunya adalah employee gathering. Konsep gathering yang kami rancang dikemas sedemikian rupa sehingga membawa added value bagi perusahaan. Kami memiliki kompetensi dalam mengadakan event gathering di daerah mana pun yang Anda inginkan.

Bellva Adventure Indonesia
Dhani (Marketing)
0821 3095 5059

Email:
bellvaadventureindonesia@gmail.com

Leave a Comment

Search
We Are in social
Terkini
bellva tv
error: Sorry, you can\\\\\\\\\\\\\\\'t do this...